Fakultas Tarbiyah

Visi dan Misi 

Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Imam Ghozali

http://tarbiyah.iaiig.ac.id

 

VISI

Menjadi fakultas tarbiyah unggul dalam penyelenggaraan tridarma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan di bidang ketarbiyahan yang memiliki kedalaman, spiritual, profesional, serta menjadi penggerak kemajuan

MISI

  1. Mempersiapkan kelulusan yang berkualitas yang memiliki kedalaman spiritual, profesional dan peduli dengan kemajuan perkembangan masyarakat
  2. Mewujudkan guru yang memiliki kemampuan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dengan spirit wawasan nilai ke islaman.
  3. Mengembangakan penelitian yang dapat melahirkan kemajuan baru di bidang pendidikan islam pada lingkungan masyarakat madrasah/sekolah
  4. mengembangkan pengambdian masyarakat dengan fokus pada terlaksananya pengembangan dan kemajuan masyarakat pendidikan dan pendidikan masyarakat dengan spirit nilai ke Islaman

Dengan Pilihan Profesi Keahlian

Guru PAI di SD/MI sd SMA/MA, Guru PAI di SLB, Peneliti Pendidikan , Konsultasi Pendidikan

 

Program Studi Pendidikan Agama Islam 

Gelar Lulusan

:

S.Pd.I.

Deskripsi

:

Fakultas Tarbiyah IAIIG Cilacap memiliki 2 (dua) program studi yang diselenggarakan yaitu program Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Program Pendidikan Agama Islam (PAI) telah mendapatkan SK perpanjangan ijin operasional ke 5 (lima) dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam dengan Surat keputusan terakhir No. Dj.I/1470/2011 tertanggal 27 Oktober 2011, tentang ijin penyelenggaraan dan terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) akreditasi terakhir dengan SK BAN PT No. 027/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011 tertanggal 29 September 2011.

Visi

:

Menjadi Prodi yang Unggul dan terpercaya untuk menghasilkan guru Pendidikan agama Islam yang profesional dan berakhlakul karimah.

Misi

:

  1. Memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang profesional dibidang pendidikan agama Islam
  2. Memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan dirinya menjadi sarjana yang memiliki kemampuan meneliti dalam bidang pendidikan agama Islam
  3. Memfasilitasi mahasiswa untuk melaksanakan pengabdian masyarakat khususnya dibidang pendidikan agama Islam

Kompetensi Program Studi

:

Profesi utama Guru PAI SD, SMP, SLTA
Profesi Al ternatif Konsultan pendidikan, peneliti pendidikan dan Guru PAI SDLB.

Capaian Pembelajaran

:

Kompetensi Utama Lulusan :

  1. Menguasai filsafat dan ilmu pendidikan Islam serta materi PAI
  2. Menguasai serta mampu mengaplikasi Desain Pembelajaran PAI
  3. Menguasai serta mampu mengaplikasi Strategi Pembelajaran PAI
  4. Menguasai serta mampu mengaplikasi Media Pembelajaran PAI
  5. Menguasai serta mampu mengaplikasiEvaluasi Pembelajaran PAI
  6. Menguasai Metodologi penelitian Khusus dibidang pendidikan

Kompetensi Pendukung Lulusan

  1. Menguasai teknik/metode bimbingan dan penyuluhan di sekolah
  2. Memiliki kemampuan merespon secara cerdas problem-problem pendidikan khususnya diwilayah PAI
  3. Menguasai serta mampu mengaplikasikan strategi pembelajaran PAI di SLB

Kompetensi lainnya/pilihan

  1. Memiliki kemampuan berbahasa arab dan berbahasa inggris secara aktif maupun pasif
  2. Memiliki kemampuan melakukan pembelajaran di SD-MI, SMP-MTs, dan SMA-MA, Inklusi dan Eksklusi

 

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Gelar Lulusan

:

S.Pd.

Deskripsi

:

Fakultas Tarbiyah IAIIG Cilacap memiliki 2 (dua) program studi yang diselenggarakan yaitu program Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) didirikanpada tahun 2007 dengan ijin penyelenggaraan terakhir dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 539 tahun 2012 tertanggal 24 Mei 2012 dan terakreditasi oleh BAN-PT dengan SK BAN PT No. 002/BAN-PT/Ak-VIV/S1/V/2011 tertanggal 13 Mei 2011.

Visi

:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang Unggul Berkepribadian, Profesional berbasis Ilmu Pengetahuan dan ke-Islaman

Misi

:

  • Menyelenggarakan Pendidikan yang berkualitas untuk mempersiapkan Guru kelas Madrasah Ibtidiyah yang memiliki kepribadian dan kompetensi pedagogik, profesional
  • Mewujudkan Guru kelas Madrasah Ibtidaiyah yang memiliki kemampuan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi berbasis nilai-nilai ke-Islaman
  • Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat menuju terlaksananya pendidikan dan pembelajaran profesional bagi pengembangan MI dan pendidikan lain yang sederajat.

Kompetensi Program Studi

:

Profesi Utama; Guru Kelas MI
Profesi Alternatif : Konsultan Pendidikan, Peneliti Pendidikan dan Guru PAI di SDLB

Capaian Pembelajaran

:

  • Kompetensi Utama :
  1. Menguasai Ilmu Pendidikan Islam
  2. Menguasai Materi seluruh pelajaran di MI
  3. Menguasai Metodologi Pembelajaran seluruh mata pelajaran di MI dan Mampu mengaplikasikannya.
  4. Menguasai Adminitrasi pembelajaran
  5. Menguasai Evaluasi pembelajaran
  6. Menguasai Media Pembelajaran
  7. Menguasai Metode Penelitian dibidang pendidikan
  8. Komitmen terhadap profesinya
  • Kompetensi Pendukung :
  1. Menguasai teknik/metode bimbingan dan konseling
  2. Menguasai Model-model pembelajaran
  3. Memiliki kemampuan memberikan alternatif pemecahan masalah pembelajaran secara umum
  4. Menguasai berbagai macam model pembelajaran
  5. Memiliki kemampuan merespon secara cerdas problem-problem umat dalam wilayah pendidikan
  • Kompetensi Lainnya

Memiliki kemampuan berbahasa arab dan inggris secara aktif mapun pasif